Rabu, 16 November 2011

ANALISI KELAYAKAN SISTEM

Analisis kelayakan merupakan proses yang mempelajari atau menganalisapermasalahan yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan akhir yang akan dicapai. Analisiskelayakan digunakan untuk menentukan kemungkinan keberhasilan solusi yang diusulkan.Tahapan ini berguna untuk memastikan bahwa solusi yang diusulkan tersebut benar-benar dapat tercapai dengan sumber daya dan dengan memperhatikan kendala yang terdapat padapermasalahan serta dampak terhadap lingkungan sekeliling.

A Analisis kelayakan sistem digunakan untuk mempelajari apakah usulan-usulankebutuhan sistem baru layak (feasible) untuk diteruskan menjadi sistem informasi
Kelayakan pengembangan sistem informasi adalah proses mempelajari dan menganalisis sistem informasi  yang digunakan untuk mendukung evaluasi pelayanan sesuai  dengan tujuan yang diinginkan.
Tipe-Tipe Kelayakan system:
A.Kelayakan Teknis mengenai kelayakan perangkat keras dan perangkat lunak. Analisiskelayakan teknis untuk sistem informasi adalah sebagai berikut. Kelayakan teknismenyoroti kebutuhan system yang telah disusun dari aspek teknologi yang akandigunakan. Jika teknologi yang dikehendaki untuk pengembangan system merupakanteknologi yang mudah di dapat,murah tingkat pemakaiannya mudah, maka secara teknisusulan kebutuhan system bisa dinyatakan layak.


B.Kelayakan Hukum mengenai
bentuk badan hukum/badan usaha, jaminan terhadappinjaman, surat-surat legal: akta, sertifikat, izin, yang diperlukan.



C.Kelayakan Ekonomi mengenai apakah ada keuntungan atau kerugian, efisiensi biayaoperasional organisasi. motivasi pengembangan system informasi pada perusahaan atauorganisasi adalah motif keuntungan. Sehingga aspek untung rugi jadi pertimbanganutama dalam pengembangan system. Kelayakan ekonomi berhubungan dengan
return oninvestment 
atau berapa lama biaya investasi dapat kembali. Analisis kelayakan ekonomijuga akan mempertimbangkan apakah bermanfaat melakukan investasi ke proyek ini ataukita harus melakukan sesuatu yang lain.
 


D.Kelayakan Operasi berhubungan dengan prosedur operasi dan orang yang menjalankanorganisasi. Kelayakan operasional menyangkut beberapa aspek. Untuk disebut layak secara operasional, usulan kebutuhan system harus benar-benar bisa menyelesaikanmasalah yang ada di sisi pemesan sistem informasi, di samping itu informasi yangdihasilkan oleh sistem harus merupakan informasi yang benar-benar dibutuhkan olehpengguna tepat pada saat pengguna menginginkannya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks for information..

Posting Komentar

Luangkan Waktu Untuk berkomentar