Kamis, 10 November 2011

TIGA TAHAP UTAMA PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI

TIGA TAHAP UTAMA PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI
1.      Analisis sistem(system analysis)
2.      Desain sstem(system design)
3.      Implementasi sistem ( system implementation)
Tujuan pengembangan system akuntansi
Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan  baru.
Untuk memeperbaiki informasi yang dihasilkan oleh system yang sudah ada , baik mengenai mutu , kecepatan penyajianmaupun struktur informasinya.
Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern.
Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi.
Analisis system
            Adalah seoraang ahli yang mampu menyajikan berbagai alternatif desain system informasi yang memungkinkan pemakai informasi memilih antara berbagai desain yang di tawarkan oleh analis system.
Analisis sitem dapat di bagimenjadi 4 tahapan

1.Analisis pendahuluan (preliminary analysis)
            Dalam analisis pendahuluan system ini, analisi sitem mengupulkan informasi untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai perusahaan kliennya. Untuk ini analisis system membuat worksheet atau check sheet untuk mengumpulkan informasi dalam analisis pendahuluan tersebut

2.Penyusun usulan pelaksanaan analisis  system
            Pelaksana analisis system di rencanakan oleh analis system dalam suatu dokumen tertulis yang di sebut “usulan pelaksana analis system” untuk digunsksn  mempertemukan pikiran pemakai informasi dengan analis system mengenai pekerjaan pengembangan system  akuntansi yang akan dilakukan oleh analisis sitem untuk memenuhi kebutuhan pemakai informasi
3.Pelaksanaan analisis system
            Pelaksanaan analisis system didasarkan pada rencana kerja yang dituangkan dalam “usulan analis system” berikut contoh langkah nya
-analisis laporan yang dihasilkan system sekarang
-menganalisis transaksi
- mempelajari catatan pertama
-mempelajaari catatan akhir
4.Penyusunan hasil laporan analis system
            Hasil akhir anals system di sajikan oleh analis system dalam suatu laporan yg di sebut “ laporan hasil analisis system” laporan ini merupakan dokumen tetulis yg di buat oleh analis system  untuk di serah kan kepada pemakai informasi
Desain system?
Dalam tahap desain, analis system memberikan tiga macam dokumen tertulis yang diserahkan kepada pemakai informasi
-usulan desain system secara garis bes
-laporan final desain system secara garis besar
-laporan final desain system secaara rinci
Enam tahap desain system
1.      Desain system secara garis besar
2.      Penyusunan usulan desain system secara garis besar
3.      Evaluasi system
4.      Pemnyusunan laporan final desain system secara garis besar
5.      Desain secara rinci
6.       Penyusunan laporan final desain system secara rinci.
Imkplementasi system
Perubahan system lama ke system baru memerlukan pendekatan konversi tertentu. Terdapat empat pilihan utama pendekatan yang digunakan untuk mengubah system lama ke system baru,yaitu konversi: langsung,paraalel,pendekatan modular dan ohase-in.
Beberapa hal mendasar dalam pengembangan system
Ø  produktifitas, dibutuhkan system yang lebih banyak,lebih bagus dan lebih cepat. Hal ini membutuhkan lebih banyak progemmer dan penganalisia system yang berkualitas,kondisi ektra, kemampuan pemakai untuk mengembangkan sendiri,bahasa programan yang lebih baik,perawatan system yang lebih baik(umumnya 50% sampai 70% sumber daya digunakan untuk perawatan sistem),disiplin teknis pemakaian perangkat lunak dan perangkat pengembangan system terotomasi.
Ø  -realibilitas, waktu yang dihabis kan untuk testing system secara um um manghabiskan 50% dari waktu total pengembangan system.
Ø  -Dalam kurun waktu 30 tahun sejumlah system yang digunakan  di berbagai perusahaan mengalami kesalahan dan ironisnya sangat tidak mudahuntuk mengubahnya.jika terjadi kesalahan, ada dua cara yang bias dilakukan , yaitu melakukan pelacakan dari sumber kasalahan dan harus menemukan cara untuk mengoreksi kesalahan tersebut dengan mengganti program,hilangkan statemen lama atau menambah statemen  baru.
Ø  maintabilitas,perawatan mencakup; modifikasi system sesuai perkembangan perangkat keras untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan(yang memegang peranan penting dalam  pengoperasiansistem),modifikasi system sesuai perkembangan kebutuhan pemakai. Antara 50% sampai 80% pekerjaan yang dilakukan pada kebanyakan pengembangan system dilakukan untuk revisi, Modifikasi,konversi,peningkatan dan palacajan kesalahan.
Perancangan system informasi
Perancangan system informasi merupakan pengembangan system baru dari system lama yang ada, dimana masalah – masalah yang terjadi pada system lama seharusnya sudah teratasi pada system yang baru.
1.Analisis system: menganalisi dan mendefinisikan masalah dan kemungkinansolusinya untuk sitem informasi dan proses organisasi.
2.Perancangan system : Perancang output, input, struktur life, program, prosedur, perangkatkeras dan perangkat lunak yg diperlukan utk mendukung sitem informasi.
3.Pembangunan dan testing system : membangun perangkat lunak yg diperlukan untuk system dan melakukan testing secara akurat. Melakukan instalasi dan testing terhadap perangkat keras dan mengoperasikan perangkat lunak.
4.Implementasi system: beralih dr system lama ke system baru, melakukan pelatihan dan panduan seperlunya.
5.Operasi dan perawatan : mendukung system informasi dan melakukan perubahan atau tambahan fasilitas.
6.Evaluasi sitem : mengevaluasi sejauh mana system telah dibangun dan seberapa bagus system telah dioperasikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Luangkan Waktu Untuk berkomentar